Perbandingan Pinjaman Bank Dengan Pinjaman Online

Spread the love

Mengajukan sebuah pinjaman ataupun kredit untuk saat ini sudah banyak pilihannya. Beberapa di antaranya seperti pinjaman dari bank ataupun melalui perusahaan finansial teknologi (fintech) yang bisa dikenal dengan pinjaman online.

Saat akan mengajukan sebuah pinjaman ataupun kredit, tentunya kalian sering menghadapi yang namanya dilema dalam menentukan pilihan yang paling tepat. Terlebih lagi pinjaman online (pinjol) dari fintech peer to peer (P2P) lending banyak melakukan gebrakan, bahkan iklannya aktif muncul pada berbagai macam media elektronik.

Pinjaman Bank

Tidak dipungkiri dengan hadirnya pinjaman online tadi membuat sektor keuangan menjadi lebih luas. Ini tentu saja memberikan pilihan kepada masyarakat yang menginginkan pinjaman dengan lebih cepat. Baik pinjaman melalui bank ataupun online memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing untuk bahan pertimbangan.

Kelebihan

Berbicara mengenai pinjaman atau kredit ke bank banyak yang sudah melakukannya. Pinjaman tersebut bisa dipergunakan untuk berbagai macam hal mulai dari membangun usaha, membangun rumah ataupun keperluan lainnya.

Jika kalian tertarik untuk melakukan pinjaman ke bank, tentunya terdapat beberapa kelebihan serta kekurangan yang bisa kalian jadikan bahan pertimbangan.

  1. Bunga relatif rendah

Kelebihan pinjaman bank yaitu terletak pada suku bunga yang tergolong rendah. Bahkan bila dibandingkan dengan pinjaman online tentunya bunga bank jauh lebih rendah.

Suku bunga yang rendah tadi disebabkan dalam penentuannya pihak bank akan mengikuti aturan suku bunga yang sudah ditentukan sebelumnya oleh Bank Indonesia, sehingga tidak akan dilakukan secara sembarangan. Masalah bunga ini bisa menjadi salah satu bahan yang dipertimbangkan.

  1. Risiko kecil

Tentunya kalian sangat jarang mendengar bahwa pinjaman dari bank melakukan penipuan karena memang kelebihannya yaitu terletak dari faktor resiko yang kecil. Bank yang ada di Indonesia dalam melakukan kegiatannya diawasi secara langsung oleh pemerintah.

  1. Tenor lebih fleksibel

Jangka waktu kredit ataupun tenor kredit bank sangat fleksibel. Bahkan tenor tadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Terdapat beberapa pilihan seperti kredit jangka panjang, jangka pendek, menengah, dan lain sebagainya.

Kekurangan

  1. Pemeriksaan riwayat kredit

Jika sebelumnya kalian sudah memiliki riwayat melakukan kredit macet tentu saja ke depannya akan sulit untuk melakukan pinjaman ke bank. Pihak bank biasanya akan selalu memeriksa riwayat kredit dari para calon nasabahnya.

Hal ini biasa disebut dengan BI Checking, sehingga ketika kalian melakukan pinjaman dan terbukti bermasalah maka jangan harap pengajuan pinjaman akan diterima. Ini tentunya akan membuat penilaian bahwa ke depannya kalian bisa merugikan pihak bank.

  1. Membutuhkan banyak dokumen

Untuk dokumen persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pinjaman tergolong banyak. Beberapa dokumen yang dipersiapkan seperti identitas diri, buku tabungan, akta nikah, kartu keluarga, surat keterangan penghasilan, NPWP, dan syarat lainnya.

Pinjaman Online

Setelah mengetahui perihal kelebihan serta kekurangan dari pinjaman bank maka saatnya beralih mengetahui hal yang sama pada pinjaman online. Hal ini perlu diketahui terutama untuk kalian yang merasa bimbang dalam menentukan pilihan.

Kelebihan

  1. Pengajuan lebih mudah

Saat akan melakukan pinjaman online tentu saja kalian tidak perlu datang ke bank. Ini karena pinjaman online menggunakan aplikasi sebagai medianya.

Untuk melakukan pinjaman kalian hanya perlu menyiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan seperti NPWP, KTP, dan lainnya. Cukup mempersiapkan data itu saja maka kalian akan bisa mengajukan pinjaman online.

Akan tetapi ada beberapa pinjaman online yang menggunakan basis cabang mengharuskan para calon nasabahnya mengunjungi bank cabang. Hal itu dilakukan untuk menyelesaikan semua proses pendaftaran yang sebelumnya sudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi.

  1. Lebih mudah cair

Kelebihan lain yang membuat banyak orang tergiur untuk menggunakan pinjaman online yaitu uang bisa cair dengan mudah dan cepat. Jadi pinjaman semacam ini tentunya akan sangat cocok terutama bagi kalian yang sangat membutuhkan dana dalam waktu cepat.

Kekurangan

  1. Ada resiko penipuan

Sudah bukan menjadi sebuah rahasia lagi jika pinjaman online sangat beresiko terhadap penipuan yang sangat besar. Maka untuk menghindari resiko tersebut kalian diharuskan teliti dalam melakukan pengecekan P2P lending, pastikan jika pinjol tadi sudah masuk ke dalam daftar OJK.

  1. Bunga harian

Pinjaman melalui bank akan menerapkan bunga bulanan namun untuk pinjaman online bunganya menggunakan perhitungan harian. Ini tentunya akan sangat memberatkan terlebih lagi jika kalian menunggak pembayaran.

Pinjaman Bank & Online Mana Yang Lebih Baik?

Informasi di atas tentunya sudah cukup bagi kalian untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pinjaman. Jika ditanya mana yang lebih baik tentu saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk kalian yang ingin meminjam kredit jangka panjang serta tidak menginginkan bunga yang besar maka pinjaman bank adalah pilihan yang paling tepat. Akan tetapi untuk kalian yang membutuhkan dana dengan cepat bisa memilih pinjaman online, namun ingat untuk berhati-hati dalam memilihnya.

Akan tetapi jika ditanya perihal keamanan tentu saja pinjaman bank adalah pilihannya. Walaupun mungkin dari segi persyaratan lebih sulit namun faktor resiko ke depannya akan lebih sedikit sehingga tidak akan merugikan kalian sebagai nasabah.